Jumat, 05 Okt 2018 13:50 WIB

Mengenal Daun Ivy, Tanaman Hias yang Bisa Meredakan Batuk

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Ketika mendengar nama daun ivy, mungkin banyak orang yang asing dengan tanaman ini. Namun jika melihat bentuknya, pasti tidak asing lagi karena daun ivy sering dijadikan tanaman hias. Biasanya tanaman ini digantung di teras rumah.

Uniknya, tanaman hias ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah mengencerkan dahak saat seseorang mengalami batuk dan sakit tenggorokan.

Faktanya, daun ivy mengandung flavonoida yang berfungsi meredakan alergi dan memperlancar peredaran darah. Bahkan juga berperan dalam melegakan pernafasan dan meredakan batuk.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, mengungkapkan daun ivy sudah lama digunakan sebagai obat batuk.


Daun ini, jelasnya, bekerja melegakan saluran nafas dengan cara mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Hal ini disebabkan karena daun ivy mengandung bronkodilator sehingga bisa melegakan saluran nafas seperti pada penderita asma bronkiale dan bisa mengatasi bronkitis.

"Keamanan daun ivy untuk batuk sudah terbukti sejak lama sehingga tidak perlu khawatir mengkonsumsinya," ujar dr. Helmin kepada detikHealth, Jumat (28/9/2018).

Menurutnya, daun ivy dapat dikombinasi dengan madu yang juga secara turun temurun sudah biasa digunakan untuk mengatasi batuk. Namun kini kandungan daun ivy dengan tambahan madu alami bisa dikonsumsi secara praktis dengan Woods' Herbal.

(idr/up)