Sabtu, 06 Okt 2018 12:00 WIB

Ngeri! Deddy Corbuzier Operasi Lipatan Mata Tanpa Dibius, Ini Kata Dokter

Wahyu Dian - detikHealth
Operasi lipatan mata tanpa anestesi? Tanya rasanya sama Deddy Corbuzier. Foto: Deddy Corbuzier (Hanif/detikHOT)
Jakarta - Deddy Corbuzier mengaku pernah operasi di bagian mata. Menurut keterangan yang ia sampaikan dalam channel YouTube Cameo Project, ia melakukan operasi lipatan mata tanpa anestesi atau dibius.

"Gue jujur saja ya, gue operasi mata. Sudah lama banget gue operasi mata. Gue bikin lipatan mata karena waktu itu ada dokter yang gue kenal oh ini gampang kok. Dan saya jujur, saya bangga dan saya mengatakan mungkin satu-satunya orang di dunia yang operasi tanpa anestesi, tanpa bius," ujar Deddy Corbuzier seperti dikutip dari detikHOT.

Nah, detikHealth menanyakan kepada dr Jonathan R Subekti, SpKK, dermato-venereologis dari BAMED Skin Care, seputar operasi lipatan mata. Menurutnya, operasi lipatan mata sekarang ini ada banyak jenisnya.


"Operasi bikin lipatan mata itu sekarang banyak sekali variasinya. Ada yang cuma disayat, ada yang dibuang lemaknya, ada yang dijahit," jelas dokter yang akrab disapa dr Jo ini.

Tapi sakit enggak, Dok, operasi lipatan mata tanpa anestesi?

"Sakitlah," jawabnya dengan menyertai emoji tertawa. "Disulam alis saja pakai anestesi kan?" tambahnya.

Ia menggambarkan rasa sakitnya ibarat orang yang ditato. Rasa sakit itu disebabkan semua ujung-ujung saraf berada di area kulit.

Namun, dengar-dengar kini sudah ada metode menggunakan hipnoterapi untuk menghilangkan rasa nyeri. Akan tetapi dr Jo bilang ia belum tahu pasti siapa yang menerapkan metode tersebut.

Hmm kalau kamu jadi Deddy Corbuzier, kamu berani enggak operasi lipatan mata tanpa anestesi?

(ask/frp)