Sabtu, 06 Okt 2018 13:06 WIB

Deddy Corbuzier Operasi Lipatan Mata Tanpa Anestesi, Bahaya Tidak, Ya?

Wahyu Dian - detikHealth
Deddy Corbuzier pernah operasi lipatan mata tanpa dibius. Foto: Ismail/detikHOT Deddy Corbuzier pernah operasi lipatan mata tanpa dibius. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Di sebuah akun youtube, Pesulap dan mentalis Deddy Corbuzier mengaku pernah melakukan operasi lipatan mata tanpa anestesi. Deddy mengaku kapok dan menyesal pernah melakukan hal itu. Hal itu diungkapkan dalam channel YouTube Cameo Project yang sedang membahas Ratna Sarumpaet.

"Gue jujur saja ya, gue operasi mata. Sudah lama banget gue operasi mata. Gue bikin lipatan mata karena waktu itu ada dokter yang gue kenal oh ini gampang kok. Dan saya jujur, saya bangga dan saya mengatakan mungkin satu-satunya orang di dunia yang operasi tanpa anestesi, tanpa bius," dikutip dari detikHOT, Sabtu (6/10/2018).

DetikHealth menanyakan hal ini kepada dr Jonathan R. Subekti, SpKK, Dermato-venereologis di BAMED Skin Care. Ia mengungkapkan pada umumnya operasi itu menggunakan anestesi, bisa lokal bisa total.


"Pada umumnya semua operasi memakai anestesi agar pasien lebih nyaman. Untuk anestesi sendiri, bisa anestesi total agar pasien tertidur saat operasi atau anestesi lokal dimana pasien tetap terjaga dan hanya area operasi saja yang dianestesi," ujarnya.

Tapi sebenarnya, bahaya enggak sih dok operasi mata tanpa anestesi?

"Operasi kelopak tanpa anestesi sih sah-sah saja tergantung pasien dan dokter yang menanganinya. Bahayanya, karena apabila di tengah operasi kemudian pasien bergerak karena nyeri, besar kemungkinan alat operasi mengenai bagian-bagian yang harusnya tidak dilukai," pungkas dr Jo.

(Wahyu Dian/ask)
News Feed