ADVERTISEMENT

Minggu, 07 Okt 2018 15:20 WIB

Gara-Gara Diare, Implan Payudara Terinfeksi Salmonela

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Diduga terkait diare, infeksi salmonela menyebar hingga implan payudara (Ilustrasi: thinkstock)
Jakarta - Seorang perempuan di Amerika Serikat mengalami diare saat berlibur ke Meksiko. Keluhan tersebut rupanya berdampak luas, infeksi bakteri diduga menyebar hingga implan payudaranya bengkak.

Perempuan 34 tahun yang tak disebutkan namanya itu menjalani pemasangan implan payudara 5 bulan sebelum bepergian ke Cancun, Meksiko. Di tengah asyiknya berlibur, ia mengalami nyeri lambung disertai demam. Dokter mendiagnosis dirinya mengalami traveller's diarrhea.

Gangguan kesehatan ini umum dialami para pelancong, biasanya karena kebersihan makan yang kurang terjaga. Biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun pada pasien ini, keluhan tidak mereda sepulang ke Amerika Serikat. Bahkan, kali ini disertai dengan bengkak dan nyeri di payudara kanan.

Hasil pemindaian dengan ultrasonik menunjukkan ada benjolan berisi cairan di sekitar implan payudara yang dipasangnya beberapa bulan sebelumnya. Pemeriksaan lanjutan memastikan ada infeksi salmonella, bakteri yang biasanya memicu gangguan pencernaan.



Dikutip dari sciencedirect, Minggu (7/10/2018), ini adalah kasus pertama diare yang berujung pada infeksi salmonella di implan payudara. Dokter yang menangani menyebut adanya potensi persebaran mikroba melalui aliran darah dalam kasus ini.

"Pasien kami mungkin bisa terhindari dari penyakit sistemik (dan potensial infeksi di implan payudaranya) juga dia mendapat antibiotik lebih awal," sebut dokter yang melaporkan kasus tersebut di jurnal JPRAS Open.


Simak Juga 'Ini Cara Implan Payudara yang Aman':

[Gambas:Video 20detik]





(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT