Minggu, 07 Okt 2018 16:23 WIB

Yuk Ikuti Tips Sehat ala Ari Wibowo

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ari Wibowo (Foto: Gusmun) Ari Wibowo (Foto: Gusmun)
Jakarta - Sosok Ari Wibowo tengah menjadi perbincangan hangat terkait sikap politiknya. Di salah satu akun media sosialnya, baru-baru ini ia mengunggah kutipan lama dari terpidana kasus penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Terlepas dari hal tersebut, Ari memiliki gaya hidup sehat yang membantunya tetap tampil prima di usia 47 tahun. Dikutip dari salah satu unggahan di Instagram, Ari mengaku perlahan membatasi asupan gula hingga lidah dan seleranya bisa menyesuaikan diri.

Dikutip dari WebMD, pola makan sehat tak bisa diterapkan secepatnya. Semua jenis camilan, hidangan penutup, dan makanan siap saji tak bisa begitu saja dihapus dari daftar menu.

"Setiap orang bisa tetap bisa makan makanan manis asal tidak berlebihan. Makanan manis biasanya mengandung 100-200 kalori yang masuk dalam kebutuhan harian," kata ahli nutrisi dari Nashville Sarah-Jane Bedwell.



Perubahan yang tiba-tiba berisiko menyebabkan binge eating yang menyebabkan porsi makan lebih banyak dari biasanya. Bedwell mengatakan, hidangan manis bisa menjadi bagian dari pola makan sehat dan bernutrisi. Namun porsinya harus dibatasi dengan memprioritaskan hidangan dengan gizi seimbang.

Cara serupa bisa diterapkan pada penyuka hidangan asing, yang hendak mengendalikan pola makannya. Bedwell menyarankan penyuka makanan asin dan manis berolahraga, bila mengonsumsi hidangan favoritnya lebih dari kebutuhan kalori harian. Dengan cara ini, setiap orang bisa tetap makan hidangan favoritnya sambil menjalankan pola hidup sehat.



(up/up)