Senin, 08 Okt 2018 15:30 WIB

Ayam yang Baru Dibeli Tidak Boleh Dicuci, Benarkah?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Daging ayam perlu dicuci karena bisa saja terkontaminasi mikroba (Foto: Mochamad Solehudin) Daging ayam perlu dicuci karena bisa saja terkontaminasi mikroba (Foto: Mochamad Solehudin)
Jakarta - Banyak berita yang beredar bahwa ayam yang baru dibeli jangan dicuci, baiknya langsung disimpan di lemari es. Konon kalau terlalu sering dicuci, daging ayam akan rusak. Benarkah?

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Sri Hartati, memastikan kabar mengenai ayam yang tidak boleh dicuci adalah hoax karena daging harus dicuci terlebih dahulu sebelum diolah atau disimpan di lemari pendingin.

"Itu salah ya, apalagi kalau beli di pasar tradisional. Daging ayam bisa saja sudah terkena kontaminasi jadi ketika sampai rumah harus segera dicuci kemudian simpan di lemari es," ujarnya saat ditemui di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/10/2018).



Ayam yang dipotong di tempat yang kurang bersih akan rentan terkontaminasi mikroba, sehingga berisiko menularkan penyakit yang mengancam tubuh manusia. Daging ayam yang sudah dibersihkan akan tahan selama enam bulan di lemari pendingin.


Ayam ASUH, Kiat Pemprov DKI Jakarta Cegah Flu Burung, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Konsumen disarankan untuk segera memasak ayam yang telah dikeluarkan dari lemari es agar tidak terjadi pencairan berulang-ulang. Selain karena rasanya akan berubah, kadar gizi yang terdapat dalam daging ayam juga bisa menurun.

"Jadi, lebih baik kalau kita beli ayam sesuai dengan jumlah yang ingin diolah saja, jadi tidak terlalu banyak," tutupnya.



(up/up)