Rabu, 10 Okt 2018 15:18 WIB

Kenali Tanda-Tanda Hipotermia Sebelum Berakibat Fatal

Annissa Widya Davita - detikHealth
Menggigil adalah salah satu gejala hipotermia (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Keadaan suhu tubuh yang menurun merupakan faktor utama yang menyebabkan hipotermia. Ada beberapa gejala yang dapat dikenali ketika seseorang mengalami hipotermia salah satunya menggigil atau rasa kedinginan yang luar biasa.

Pakar kedaruratan, Sabar, SKep, Ners, dari Basic Life Support Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), mengatakan jika orang mengalami kedinginan yang luar biasa, lambat laun kondisinya akan mengalami penurunan dan bisa menyebabkan kematian.

"Gejalanya itu bisa dilihat, seperti kedinginan yang luar biasa, dan juga sesak napas. Nah, lama kelamaan itu akan terjadi penurunan fungsi tubuh, dan bisa mengakibatkan kematian," ujarnya kepada detikHealth, Rabu (10/20/2018).



Perhimpunan Dokter Emergency, dr Wisnu Pramudito, SpB, menambahkan, bahwa dalam keadaan kedinginan otot akan berkontraksi secara berlebih. Hal ini akan mengakibatkan oksigen yang ada di dalam tubuh digunakan untuk kerja otot.

"Saat menggigil hal ini sebenarnya merupakan upaya untuk menaikkan suhu tubuh. Otot yang berada pada tubuh kita akan bekerja lebih ekstra, sehingga oksigen dalam tubuh digunakan untuk otot," tutur dokter Wisnu.

Dokter Wisnu menyampaikan, dalam keadaan seperti ini, oksigen banyak di butuhkan untuk kontraksi otot, sehingga oksigen ke otak menjadi berkurang. Hal ini lah yang bisa menyebabkan kematian.

Diberitakan detiknews, seorang mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) meninggal saat menjalani pra pendidikan dasar (Pradiksar) Resimen Mahasiswa (Menwa). Ia dinyatakan meninggal karena mengalami hipotermia.

(up/up)