Rabu, 10 Okt 2018 15:53 WIB

4 Tips Membedakan Sariawan Biasa dengan Gejala Kanker Mulut

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Empat tanda kanker mulut. Foto: Thinkstock Empat tanda kanker mulut. Foto: Thinkstock
Jakarta - Mendengar kanker mulut, gaungnya belum begitu terdengar dibandingkan dengan jenis kanker lainnya semisal kanker payudara. Akan tetapi, kanker mulut sendiri ternyata sudah menduduki peringkat ke-6 di dunia untuk jenis kanker tersering. Apalagi orang Indonesia termasuk orang yang akrab dengan rokok, salah satu pencetus kanker yang satu ini.

Sudah tahu belum mengenai ciri kanker mulut? Salah satunya ternyata adalah sariawan. Akan tetapi, tentu ada bedanya dong sariawan biasa dengan sariawan yang menjadi pertanda kanker mulut.

"Semua dibilangnya sariawan, padahal penyakit di dalam rongga mulut itu lebih dari 100 tuh macam-macam. Jadi ahli penyakit mulut tuh dalam menganamnesa pasien itu butuh waktu, karena kita harus betul-betul yakin apakah sariawan ini benar sariawan yang kita sebut sebagai afte (sariawan yang umumnya terjadi karena kekurangan zat besi, vitamin C dan vitamin B12)," ungkap Dr drg Febrina Rahmayanti, SpPM(K), Ketua Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

(ask/up)
News Feed