Rabu, 10 Okt 2018 16:35 WIB

Metode 'Skin to Skin', Pertolongan Pertama untuk Hipotermia

Annissa Widya Davita - detikHealth
Hipotermia bisa berdampak fatal jika tidak tertangani (Foto: Thinkstock) Hipotermia bisa berdampak fatal jika tidak tertangani (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Hipotermia terjadi ketika seserang mengalami penurunan suhu tubuh secara drastis, ditandai dengan menggigil luar biasa. Salah satu pertolongannya adalah dengan metode 'skin to skin'.

Cara lain yang bisa diberikan adalah dengan memberikan selimut atau pakaian hangat yang tebal. Namun dalam kondisi tertentu, pertolongan 'skin to skin' bisa juga diberikan.

"Jika dibantu antara kulit dengan kulit akan lebih efektif untuk menaikkan suhu tubuh," jelas Sabar, Skep, Ners, dari Basic Life Support Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) saat dihubungi detikHealth, Rabu (10/10/2018).



Dalam kondisi ekstrem, pertolongan pertama seperti skin to skin merupakan metode yang baik untuk menghantarkan hangat tubuh agar lebih efektif dalam menaikkan suhu tubuh.

"Skin to skin jauh lebih efektif, karena adanya hantaran hangat dari dalam tubuh kita. Nah, ini yang bisa cepat menaikkan suhu tubuh seseorang yang terkena hipotermia," tambah Sabar.

(up/up)