Kamis, 11 Okt 2018 09:01 WIB

Riset: 30 Persen Remaja DKI Pernah Depresi, Sebagian Sampai Ingin Bunuh Diri

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi bunuh diri. Foto: Thinkstock Ilustrasi bunuh diri. Foto: Thinkstock
Jakarta - Stres dan depresi tidak hanya dialami orang dewasa. Data dari WHO menyebutkan saat ini masalah kejiwaan sudah dimulai sejak umur 14 tahun. Stres merupakan gejala awal dari gangguan kesehatan jiwa.

Penelitian yang dilakukan oleh dr Nova Riyanti Yusuf, SpKJ pada kurang lebih 941 siswa sekolah di daerah Jakarta menunjukkan lebih dari 30 persen mengalami depresi dan 18,6 persen di antaranya memiliki keinginan untuk bunuh diri.

"Munculnya gangguan kesehatan jiwa pada usia muda ini sangat dipengaruhi lingkungan sosial," ujarnya saat ditemui di Universitas Paramadina Jakarta, Rabu (10/10/2018).



dr Noriyu, sapaannya, menambahkan tindakan bunuh diri sebagai jalan terbaik untuk mengakhiri hidup yang tidak membahagiakan kini mulai umum di lakukan oleh remaja. Selain bunuh diri, penggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang juga dipilih sebagai bentuk pelarian dari tekanan.

"Kalau diperhatikan, sebenarnya alasan mereka mengalami stres dan depresi cukup ringan seperti takut tidak naik kelas atau tidak siap menghadapi ujian. Sayangnya hal itu sering dianggap bukan sebagai ancaman kesehatan jiwa oleh orang tua," pungkasnya.






Tonton juga 'Bijaksana Gunakan Medsos, Jangan Sampai Depresi':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed