Senin, 15 Okt 2018 14:05 WIB

Apakah Efektif Mencuci Tangan Pakai Tisu Basah atau Hand Sanitizer?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Cuci tangan harus pakai sabun atau tisu basah saja sudah cukup? (Foto: Suherni Sulaeman/detikHealth) Cuci tangan harus pakai sabun atau tisu basah saja sudah cukup? (Foto: Suherni Sulaeman/detikHealth)
Jakarta - Demi menjaga kebersihan tangan, beberapa orang memilih alternatif menggunakan tisu basah ataupin hand sanitizer. Biasanya kedua benda tersebut digunakan saat akses untuk mencuci tangan seperti air dan sabun tidak tersedia di suatu lokasi.

Namun apakah tisu basah dan hand sanitizer efektif untuk menyingkirkan kuman dari tangan? drg Wara Pertiwi O, MA, Kasubdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja, Direktorat Kesehatan Keluarga menyebutkan bisa saja walau tidak semaksimal cuci tangan pakai sabun (CTPS), dan harus memastikan bahwa tisu basah yang digunakan mengandung antiseptik.

Selain kedua benda tersebut, mencuci tangan juga bisa dilakukan tidak hanya dengan menggunakan sabun khusus cuci tangan saja. dr Kuntjoro Adi Purjanto, MKes, Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), kembali menegaskan pentingnya kandungan antiseptik dalam sabun yang berfungsi membunuh kuman, sehingga tak masalah mencuci tangan menggunakan sabun lain seperti sabun mandi misalnya.

"Cuci tangan dengan air saja itu ngeri. Sabun itu pembersihnya. Saya sendiri meyakini orang yang mau operasi itu setelah membersihkan tangan pakai alkohol, juga mencuci tangan menggunakan sabun. Itu satu bukti bahwa secara evidence base dapat menyebabkan penyakit. Penularan tertinggi penyakit karena infeksi itu berasal dari tangan," katanya saat ditemui di konferensi Pers Global Handwashing Day 2018 yang dilaksanakan di SDN Rawa Barat 05, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).

Karena itu ia juga mengimbau bagi semua pelaku usaha wajib untuk menyediakan tempat untuk mencuci tangan. Pemerintah lewat Progam Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga telah membiasakan CTPS baik di rumah maupun sekolah, seperti CTPS bersama, makan bersama, olahraga, kawasan tanpa rokok, kantin sehat, semua harus mendukung termasuk pelaku usaha.

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan pada waktu-waktu berikut ini:

- Sebelum dan setelah makan
- Setelah buang air kecil atau besar di toilet
- Sebelum tidur (termasuk disertai mencuci kaki)

Serta memperhatikan untuk tidak hanya mencuci bagian telapak tangan, namun juga membersihkan sela-sela jari, punggung tangan, kuku dan bersihkan secara menyeluruh menggunakan sabun dan air mengalir.




Tonton juga 'Cuci Tangan Setelah Main Squishy Wajib Hukumnya':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/fds)
News Feed