Selasa, 16 Okt 2018 16:46 WIB

Bayi Baru Lahir Bisakah Terkena Kanker?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Terapi kanker pada anak punya kemungkinan untuk berhasil lebih besar. (Foto: Thinkstock) Terapi kanker pada anak punya kemungkinan untuk berhasil lebih besar. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Mendengar kata kanker pasti yang terlintas di benak kita adalah penyakit mematikan. Kebanyakan kanker menyerang orang dewasa, namun 3-5 persen menyerang anak-anak.

Bagaimana dengan bayi baru lahir, apakah bisa terkena kanker? Dokter hematologi dan onkologi dari RS Dharmais, dr Marurul Aisyi, SpA(K) mengatakan bahwa bayi baru lahir bisa mengidap kanker, salah satunya leukemia kongenital.


Leukemia kongenital biasanya terdiagnosis pada masa 30 hari pertama kehidupan. Penyakit ini jarang sekali ditemukan, angka kejadiannya sekitar 1-5 per 1 juta kelahiran. Penyebabnya pun belum jelas diketahui.

"Hereditas dan genetik itu beda, faktanya hanya 10 persen yang merupakan penyakit keturunan. Faktor lingkungan dan genetik pada anak nggak begitu dominan," ujar dokter yang disapa Aisyi itu di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2018).

Menurut dr Aisyi, pengobatan kanker pada bayi dan anak lebih mudah dilakukan dan disembuhkan dibandingkan orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh struktur sel yang masih baik.

"Itulah respon pada terapi lebih bagus anak-anak. Kekacauan selnya belum seperti dewasa," tuturnya.

(wdw/fds)
News Feed