Kamis, 18 Okt 2018 09:39 WIB

Risiko Hamil di Atas Usia 35 Tahun seperti Meghan Markle

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kehamilan di atas usia 35 tahun ada risikonya. Foto: Dok. Getty Images Kehamilan di atas usia 35 tahun ada risikonya. Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Duchess of Sussex, Meghan Markle memberikan kabar bahagia dengan kehamilannya. Di usianya yang ke-37 tahun, ini artinya ia dapat dikategorikan masuk dalam geriatric pregnancy atau kehamilan yang terjadi oleh wanita berusia di atas 35 tahun. Sekarang dokter tidak menggunakan istilah kehamilan geriatrik lagi, melainkan menggunakan istilah 'advanced maternal age' atau kehamilan tua.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention, wanita yang memiliki anak pertama di antara usia 35 sampai 39 tahun kini meningkat dari seluruh ras. Ini dikarenakan berbagai hal termasuk tren yang terus bergeser atau orientasi karier.

Menurut BMC Pregnancy and Childbirth dan American College of Obstetricians and Gynecologists, beberapa risiko usia ibu lanjut selama kehamilan meliputi kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR), kematian bayi, kerusakan kromosom pada bayi, tekanan tinggi pada ibu hamil, dan diabetes gestasional yang akan menambah risiko diabetes di kemudian hari.


Dikutip dari Health Line, hamil di usia 35 tahun ke atas tidak selamanya memberi risiko yang buruk. CDC mengatakan secara umum, wanita yang menunggu memiliki anak memiliki manfaat juga. Ibu yang lebih tua memiliki lebih banyak sumber daya untuk merawat anak-anak mereka, seperti pendapatan yang lebih tinggi dan lebih banyak pendidikan.

Karena itu, penting sekali untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, pola makan yang sehat, mengonsumsi vitamin prenatal dengan asam folat jika memungkinkan, berat badan ideal, menghindari obat-obatan terlarang serta alkohol, dan tentu saja jauh-jauh dari asap rokok.

Konsultasikan kepada dokter mengenai tes yang dibutuhkan untuk memastikan bayi selalu dalam kondisi sehat. Semoga si bayi dan Meghan Markle selalu diberikan kesehatan!




Tonton juga 'Sederet Kontroversi yang Mewarnai Kehamilan Meghan Markle':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed