Kamis, 18 Okt 2018 11:15 WIB

Hati-hati dalam Memilih Obat Pereda Mag

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Mag menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Penyakit yang pada umumnya terjadi akibat pola makan tidak teratur ini dan terlambat makan bisa menyerang siapa saja.

Biasanya mag ditandai dengan rasa nyeri yang berasal dari lambung dan usus. Bahkan rasa nyeri bisa sampai kerongkongan.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, mengungkapkan tanda-tanda orang yang sudah atau sedang terkena mag biasanya akan timbul gejala-gejala sakit mag.


"Mulai dari mual, perih di ulu hati, cepat kenyang, hingga kembung," ujar dr Helmin kepada detikHealth, Selasa (16/10/2018).

Untuk mengatasi dan meredakan mag, banyak orang yang menggunakan obat pereda mag. Namun dr. Helmin mengingatkan agar hati-hati dalam memilih obat pereda mag. Pastikan obat tersebut memiliki kandungan hydrotalcite agar bisa mengatasi mag lebih cepat dan melindungi lambung lebih lama.

"Untuk meredakan gejala sakit mag biasanya diberikan antasida untuk menetralisir asam lambung, dapat dikombinasi dengan H2 inhibitor. Jika sakit belanjut harus ke dokter," katanya.


dr. Helmin menjelaskan hydrotalcite merupakan golongan antasida yang terbaru. Cara kerjanya menetralisir asam yang terlalu tinggi pada sakit mag.

Perlu diketahui, hydrotalcite bekerja membantu membentuk lapisan dinding lambung sehingga mengurangi nyeri karena iritasi asam lambung. Maka pilih obat mag yang mengandung hydrotalcite seperti Promag.

(ega/up)