Kamis, 18 Okt 2018 17:27 WIB

Polio Mewabah di Papua Nugini, Menkes RI Singgung Imunisasi di Papua

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Seorang bocah di Papua minum obat cacing untuk mencegah Filariasis (Foto: detikHealth/Khadijah Nur Azizah) Seorang bocah di Papua minum obat cacing untuk mencegah Filariasis (Foto: detikHealth/Khadijah Nur Azizah)
Jakarta - Kabar kurang menyenangkan datang dari negara tetangga, Papua Nugini yang saat ini darurat polio. Sebagai daerah yang wilayahnya berdekatan, masyarakat Papua sangat rentan tertular virus tersebut.

Pada bulan September, tercatat sebanyak 14 kasus polio di Papua Nugini. Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek, melakukan upaya agar penyebaran virus ini tidak sampai ke wilayah Papua.

"Kita tetap berhati-hati dan menjaga Papua dengan memberikan polio di imunisasi dasar lengkap untuk mencegah penyebaran di warga Papua," tuturnya saat dijumpai di Gedung Kementerian Kesehatan, Kamis (18/10/2018).



Nila menuturkan, pemberian polio di imunisasi dasar lengkap dibarengi dengan pemberian vaksin campak dan rubella. Saat ini, pemberikan vaksin polio diutamakan pada wilayah perbatasan Papua dan Papua Niugini.

"Kita sudah koordinasi dengan pihak terkait untuk masalah ini, diupayakan agar segera teratasi," tutupnya.

(up/up)
News Feed