Kamis, 18 Okt 2018 18:28 WIB

Gadis Lamongan Obesitas Hingga 179 Kg, Perlukah Sedot Lemak?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Selvia, gadis berbobot 179 kg dari Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo) Selvia, gadis berbobot 179 kg dari Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo)
Jakarta - Kasus obesitas kembali lagi ditemukan. Kali ini dialami oleh remaja asal Lamongan, Selvia Dwi Susanti (15). Remaja tersebut memiliki bobot hingga 179 kg dan kini sedang mendapatkan perhatian dari tim dokter Puskesmas Bluluk.

Dihubungi oleh detikHealth, dr Handy Wing, SpB, FBMS, FICS, dokter spesial bedah umum di OMNI Hospital Alam Sutera, Tangerang, yang dulu pernah menangani Aria Permana 'Bocah Tergemuk', menjelaskan bahwa dengan tinggi 145 cm, seharusnya berat badan ideal Selvia sekitar 50 kg.



Pertanyaan pun bermunculan, apakah tidak bisa langsung memangkas bobot dengan melakukan sedot lemak? Sayangnya, menurut dr Handy, sedot lemak tidak bisa banyak membantu untuk kasus obesitas berat.

"Harus terapi komprehensif melalui tim dokter yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu disertai support dari keluarga terdekat," jelasnya.

Peran keluarga terdekat terutama orang tua sangat besar untuk membantu menyemangati anak dengan obesitas sehingga bisa mendukung keberhasilan penurunan berat badan. Diperlukan juga penyuluhan dan edukasi kepada semua orang terdekat untuk membantu penurunan berat badan.

Semangat terus ya, Selvia. Kamu pasti bisa!

(ask/up)
News Feed