Jumat, 19 Okt 2018 07:17 WIB

Menteri Kesehatan: Buang Sampah ke Laut, Tenggelamkan!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes: Buang sampah sembarangan di laut, tenggelamkan! Foto: Lamhot Aritonang Menkes: Buang sampah sembarangan di laut, tenggelamkan! Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Salah satu pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah pengelolaan sampah. Sampai saat ini, masih banyak orang mencemari laut dengan membuang sampah khususnya plastik sehingga ikan terkena dampaknya.

Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, berujar masyarakat yang masih gemar membuang sampah sembarangan harus ditenggelamkan agar tidak lagi mencemari lingkungan.

"Ikan makan plastik berarti masyarakat juga tidak boleh membuang sampah. Jadi, ibu Susi juga saya minta 'jangan hanya tenggelamkan kapal Bu, tenggelamkan juga orang-orang yang buang Sampah di laut' itu juga yang harus dilakukan," tuturnya saat ditemui di Gedung Kementerian Kesehatan, Kamis, (18/10/2018).


"Kemudian saya sambung 'Kalau enggak makan ikan, kita tenggelamkan saja orang-orang itu (pembuang sampah di lautan) jadi kita hanya punya orang-orang yang sehat nantinya," lanjutnya.

Nila melanjutkan, semua kementerian harus ikut andil untuk mengedukasi masyarakat agar tidak mencemari lingkungan dengan membuang sampah sembarangan, khususnya sampah plastik.

"Menko Maritim, Pak Luhut, pernah berujar bahwa ikan di laut itu sudah makan plastik. Maka dari itu, semua kementerian harus bekerja sama. Mulai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kelautan dan Perikanan," pungkasnya.

(Khadijah Nur Azizah/up)