Jumat, 19 Okt 2018 13:27 WIB

Manusia Lebih Dermawan Ketika Dilihat Orang Lain, Benarkah?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi meminta sumbangan di jalan (Foto: Dikhy Sasra) Ilustrasi meminta sumbangan di jalan (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta - Membantu sesama adalah kewajiban setiap manusia. Misalnya memberikan sebagian rezeki kita kepada orang yang lebih membutuhkan.

Tetapi, suatu penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Human Nature baru-baru ini menunjukkan bahwa manusia lebih dermawan ketika ada manusia lain yang melihatnya.

"Kehadiran mata meningkatkan kepedulian reputasi orang dan memotivasi mereka untuk terlibat dalam perilaku self-presentational (berusaha menampilkan diri untuk mengendalikan atau membentuk bagaimana orang lain melihatnya)," ujar ketua peneliti, Caroline Kelsey dikutip dari New York Post.



Peneliti melakukan eksperimen selama 28 minggu di salah satu museum dan terlihat lebih dari 34.100 orang dewasa dan anak-anak melewati sumbangan yang disediakannya. Kotak sumbangan tersebut diberi gambar sepasang mata, kursi, hidung, dan mulut. Kemudian bertuliskan 'Donations would be appreciated' atau 'donasi akan diapresiasi'.

Hasilnya, kotak sumbangan yang bergambar sepasang mata lebih banyak disumbang oleh orang-orang yang melewatinya dibandingkan kotak dengan gambar lain.

Dari eksperimen tersebut didapat bahwa tidak semua orang memiliki motivasi untuk membantu orang lain saat memberikan sumbangan, terkadang orang beralasan egois atau karena mereka terinspirasi oleh orang lain yang melihatnya.

(wdw/up)