Minggu, 21 Okt 2018 14:02 WIB

Patah Tulang Tangan Seperti Messi, Bagaimana Penyembuhannya?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Foto: Alex Caparros/Getty Images Foto: Alex Caparros/Getty Images
Jakarta - Punggawa Barcelona Lionel Messi mengalami patah tulang tangan kanan yang menyebabkannya absen selama tiga minggu mendatang. Dikutip dari laman Ortho Info dari American Academy of Aorthopaedic Surgeons (AAOS), cedera tulang radial sebetulnya sering terjadi.

Untuk non operasi, pasien bisa langsung menggunakan pelindung berbahan serat kaca (plaster cast). Metode ini dipilih jika patahan berada tidak jauh dari tulang asal, sehingga mudah dikembalikan ke posisi semula. Dokter juga bisa menerapkan teknik reduksi, jika patahan berada jauh dari tulang asal. Setelah reduksi, pasien akan menggunakan penyangga (splint) dan pelindung (cast) selama beberapa hari.


Penyangga di bagian lengan biasanya digunakan ketika daerah yang cedera terlihat bengkak. Selanjutnya, pasien menggunakan pelindung beberapa hari atau minggu setelah penyangga saat bengkak sudah reda. Dokter biasanya menyarankan pasien diperiksa dengan sinar X untuk mengetahui posisi dan stabilitas tulang. Cast bisa dilepas setelah 6 minggu yang berlanjut dengan terapi fisik.

Opsi pengobatan lainnya adalah operasi bila cedera pergelangan sangat parah. Pasien selanjutnya menggunakan pelindung, lempengan logam, fiksator tulang yang dipasang di luar (external fixator), atau gabungan teknik tersebut usai operasi sesuai saran dokter. Sama dengan teknik non operasi, pasien harus melalui fisioterapi sebelum siap kembali beraktivitas.


Simak Juga 'Detik-detik Messi Alami Patah Tangan':

[Gambas:Video 20detik]


(Rosmha Widiyani/up)
News Feed