Senin, 22 Okt 2018 08:55 WIB

Pelukis Legendaris Leonardo da Vinci Diduga Bermata Juling

Firdaus Anwar - detikHealth
Lukisan ini merupakan salah satu hasil karya da Vinci yang diduga memiliki mata juling. Foto: Getty Images Lukisan ini merupakan salah satu hasil karya da Vinci yang diduga memiliki mata juling. Foto: Getty Images
Jakarta - Leonardo da Vinci adalah pelukis lagendaris asal Italia yang terkenal karena lukisannya tampak begitu realistis. Apa yang menjadi rahasia kepiawaian Leonardo menurut studi terbaru kemungkinan karena ia memiliki kondisi mata juling.

Peneliti Christopher Tyler dari University of London mengatakan pemeriksaan enam karya Leonardo yang diduga lukisan dirinya cenderung menjukkan pupil mata tidak sejajar. Salah satu mata tokoh dalam karya-karya Leonardo biasanya cenderung melihat kearah luar, ciri-ciri dari mata juling.



Pada beberapa karya tanda-tanda mata juling ini bahkan bisa terlihat lebih jelas. Menurut Christopher kemungkinan Leonardo memiliki apa yang disebut intermittent exotropia, artinya kondisi mata juling tidak tetap.

Leonardo bisa saja mengalami juling saat dirinya sedang santai tapi kemudian bisa memfokuskan kembali penglihatannya saat ingin memerhatikan suatu objek.

Mata juling memberikan keungulan bagi Leonardo karena ia jadi bisa menekan penglihatan pada satu mata dan mempersepsikan dimensi dunia dengan lebih baik. Itulah mengapa lukisan-lukisan Leonardo terlihat memiliki detail kedalaman dimensi.

"Memiliki mata juling bisa memudahkan pelukis, karena dengan melihat dunia dengan satu mata seseorang jadi bisa langsung membandingkan objek dengan gambar yang dilukisnya," kata Christopher.



Saksikan juga video 'Lari Sebelah Mata, Arianti Sprinter Andalan Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)
News Feed