Senin, 22 Okt 2018 11:15 WIB

Efek Samping Kemoterapi, Jari Pria Ini Menghitam

Firdaus Anwar - detikHealth
Akibat kemoterapi, jari pria ini berubah warna menjadi hitam. Foto: NEJM
Jakarta - Seorang pria berusia 42 tahun dari Arab Saudi dilaporkan dalam The New England Journal of Medicine (NEJM) mengalami efek samping yang tidak biasa dari kemoterapi. Kuku-kuku tangannya berubah jadi hitam dengan garis putih melintang di tengah.

Diketahui bahwa pria tersebut menjalani kemoterapi karena penyakit limfoma non-Hodgkin, sejenis kanker yang berkembang di sistem limfatik. Ia sudah menjalani empat siklus kemoterapi ketika di bulan kelima setelah diagnosa perlahan kukunya menjadi coklat kehitaman.



dr Musa Alzahrani dari King Saud University mengatakan kasus sang pria langka karena kukunya mengalami tiga perubahan akibat efek samping kemoterapi. Perubahan pertama adalah produksi pigmen melanin yang berlebih sehingga membuat warna kukunya menghitam, perubahan kedua munculnya garis putih bernama garis mees akibat kerusakan pada matriks kuku, dan ketiga garis putih yang lebih bening bernama garis muehrcke akibat perubahan pembuluh darah.

Diduga penyebabnya adalah karena berbagai obat kemoterapi. Hal tersebut terkonfirmasi setelah sang pria selesai menjalani kometerapi dan enam bulan kemudian warna kukunya kembali pulih.

"Kira-kira setelah enam bulan selesai menjelani kemoterapi, masalah perubahan warna kuku ini sudah terselesaikan," tulis dr Musa dikutip dari NEJM, Senin (22/10/2018).

Selain karena kemoterapi garis-garis putih di kuku juga bisa muncul sebagai tanda ketika kita kekurangan protein.




Saksikan juga video 'Rambut Anak Rontok Karena Kemoterapi, Denada Ikut Potong Rambut':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)