Senin, 22 Okt 2018 13:03 WIB

Belajar dari Syahrini, Berapa Ukuran Lingkar Pinggang Ideal?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Syahrini. Foto: Palevi S/detikFoto Syahrini. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta - Menjelang konsernya beberapa waktu lalu, selebriti Syahrini diet ketat untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Manfaat lain dari pola hidup sehat yang dijalankan adalah, lingkar pinggang yang menjadi 58 sentimeter setelah sebelumnya 68 sentimeter. Syahrini harus menggunakan dua korset supaya tubuhnya terlihat ideal saat di panggung.

Dikutip dari Telegraph, ukuran pinggang yang ideal tidak hanya membantu tubuh terlihat lebih baik. Ukuran pinggang ideal memastikan tidak ada tumpukan lemak di daerah perut, yang meningkatkan risiko terkena diabetes dan gangguan jantung. Lemak di perut yang berasal dari jantung, hati, dan ginjal lebih berbahaya dibanding yang berasal dari pinggul.

"Ukuran pinggang sebaiknya jangan lebih dari separuh tinggi badan. Jika bisa dijaga akan meningkatkan harapan hidup karena menekan risiko terkena penyakit degeneratif," kata konsultan nutrisi independen Margaret Ashwell.


Dengan rasio tersebut, laki-laki dengan tinggi 180 sentimeter sebaiknya memiliki ukuran pinggang 90 sentimeter. Sementara perempuan dengan tinggi 162 sentimeter sebaiknya berlingkar pinggang tidak lebih dari 80 sentimeter. Menurut Ashwell, mengukur lingkar pinggang mungkin lebih mudah dari indeks massa tubuh yang rumusnya tak diketahui semua orang.

Mengukur lingkar pinggang sebaiknya dilakukan tiap 6 bulan atau satu tahun, dengan alat ukur yang mudah ditemui di lingkungan. Ukuran pinggang bisa menjadi informasi efek pola hidup yang dijalankan selama beberapa bulan terakhir. Bila ukuran pinggang lebih dari setengah tinggi badan, sebaiknya segera olahraga dan mencukupi keseimbangan nutrisi harian.






Tonton juga 'Hati-hati! Dampak Bahaya Tidur Terus Saat Libur Kerja':

[Gambas:Video 20detik]

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed