Senin, 22 Okt 2018 18:02 WIB

Titi Qadarsih Meninggal Karena Kanker Usus, Apa Gejalanya?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Foto: Titi Qadarsih (Repro Instagram Undra Qadarsih) Foto: Titi Qadarsih (Repro Instagram Undra Qadarsih)
Jakarta - Artis senior Titi Qadarsih meninggal akibat kanker usus stadium empat di usia 73 tahun pada Senin (22/10/2018). Puteranya, Indra Qadarsih mengatakan, sang bunda telah didiagnosa mengalami kondisi tersebut pada bulan puasa tahun ini.

Dikutip dari situs National Health Security (NHS) Inggris, kanker usus rawan terjadi pada orang yang berusia lebih dari 60 tahun. Jenis penyakit ini termasuk yang paling sering ditemui di masyarakat umum. Penyakit kanker usus ditandai tiga gejala umum, yang bisa dilihat melalui feses dan kondisi perut.

Gejala pertama adalah BAB (Buang Air Besar) yang selalu berdarah tanpa diketahui penyebabnya. Pasien kerap menghubungkannya dengan perubahan frekuensi dan intesitas buang air besar. Gejala kedua adalah buang air besar terus menerus dengan kepadatan feses yang minim.

Gejala ketiga adalah sakit perut di perut bagian bawah yang tidak kunjung sembuh. Rasa sakit kerap disertai kembung, rasa tidak nyaman, dan penurunan selera makan. Pasien juga kerap kali mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.


Tanpa diagnosa, masyarakat kerap kali salah mengira gejala kanker perut sebagai penyakit lain. Misal, salah makan pada pasien yang merasa sakit perut atau buang air besar terus menerus. Masyarakat wajib waspada bila gejala terjadi pada orang berusia lanjut dan tidak sembuh meski telah beberapa kali ke dokter dan minum obat.

Sama seperti penyakit degeneratif lain, kanker usus bisa dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat. Kebiasaan ini antara lain tidak merokok, rajin olahraga, dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Pelaksanaan gaya hidup sehat sejak muda menekan risiko mengalami penyakit degenratif saat memasuki usia lansia.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed