Selasa, 23 Okt 2018 12:05 WIB

Pelajaran Penting dari Pengakuan Awkarin Soal Depresi dan Mental Illness

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Depresi yang dialami Awkarin membuatnya sempat menutup diri. Foto: Palevi S/detikHOT Depresi yang dialami Awkarin membuatnya sempat menutup diri. Foto: Palevi S/detikHOT
Jakarta - Awkarin belum lama ini memutuskan untuk hengkang dari Instagram yang melejitkan namanya. Hal ini membuat netizen bertanya-tanya alasan apa yang membuat Awkarin memutuskan untuk 'berhenti' dari sosial media.

"Dulu banget aku pernah mengalami mental depression, long before this whole instagram things," ujar Karin dalam video yang dia unggah pada akun Youtube channel pribadinya.

Menurut Veronica Adesla, MPsi, psikolog klinis dari Personal Growth, depresi tidak terjadi secara tiba-tiba. Awalnya bisa dari perasaan yang dipendam, kekecewaan yang tidak diungkapkan, lalu kemudian makin lama makin bertambah dan membuat sesak di dada. Tanpa terasa suasana hati menjadi mudah murung, mudah tersinggung, terluka, tidak berharga, dan tidak bersemangat.

"Mereka yang depresi merasa lelah ketika bersama orang lain dan hanya ingin sendiri. Hal ini terus berlangsung minggu demi minggu hingga suatu saat ia merasa kesepian, tidak berharga dan menjadi beban untuk orang lain," ujarnya saat dihubungi detikHealth melalui pesan singkat.



Vero menjelaskan bahwa sangat penting untuk kita memberikan tanggapan yang dapat membantu bagi para penyandang depresi ketika mereka bercerita atau meminta bantuan. Adapun yang bisa dilakukan adalah:

- Bersikap empati
- Mendengarkan
- Tidak menghakimi
- Menghadirkan suasana nyaman dan hangat
- Memberikan semangat dan masukan praktis

"Para pejuang depresi memahami bahwa kondisi yang mereka alami tidaklah mudah. Mereka berjuang untuk keluar dari gelap dan mencari tahu bahwa keberadaannya di dalam kehidupan ini bermakna untuk orang lain," tambahnya.

Adanya keberadaan orang lain yang secara tulus peduli, memberikan perhatian, menyediakan hati dan telinga untuk mendengar menjadi vitamin yang sangat manjur untuk mereka agar dapat melewati masa-masa kritis yang dialami.




Tonton juga 'Awkarin Curhat Panjang Lebar soal Alasannya Tinggalkan Instagram':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed