Rabu, 24 Okt 2018 15:29 WIB

Bukan SARA Lho! Dokter Sebut Etnis Manado Paling Rentan Kena Diabetes

Aisyah Kamaliah, Widiya Wiyanti - detikHealth
Dokter sebut etnik Manado berisiko tinggi terkena diabetes. Foto: thinkstock Dokter sebut etnik Manado berisiko tinggi terkena diabetes. Foto: thinkstock
Jakarta - Diabetes merupakan penyakit yang cukup banyak diidap orang Indonesia. Berdasarkan data dari International Diabetes Federation (IDF), Indonesia menjadi rumah bagi 10,3 juta orang yang mengidap diabetes pada tahun 2017.

Kamu tahu nggak, etnik mana di Indonesia yang banyak mengidap diabetes? Spesialis endokrinologi, dr Dante Saksono H, SpPD-KEMD, PhD mengatakan bahwa etnik Manado lah yang paling banyak mengidap diabetes.

"Secara genetik, orang Manado paling tinggi risiko diabetesnya. Angka diabetes di Manado itu besar. Manado, Ternate itu yang paling besar dari daerah lain," ujarnya saat ditemui di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2018).

Menurut dr Dante, genetik suatu etnik berperan besar dalam memengaruhi risiko terkena suatu penyakit, termasuk diabates. Selain genetik, gaya hidup juga berperan penting.

"Tidak ada satupun orang Indonesia yang terbebas dari gen diabetes," ungkapnya.



Hal ini pun dibenarkan oleh salah satu tenaga kesehatan Puskesmas Paceda Bitung, Manado, Indah Purnomo (25). Menurutnya, penyakit tidak menular seperti diabetes memang banyak diidap oleh masyarakat Manado.

"Kita turun tangan untuk penyakit tidak menular, termasuk tekanan darah hipertensi, gula diabetes, kolesterol, sama asam urat. Nah empat-empat ini tinggi, banyak," tutur Indah.

Bukan hanya pada lansia, penyakit diabetes juga ditemukan pada orang berusia 30-40-an tahun. Namun sayangnya, ada juga yang malas-malasan minum obat.

"Tapi ya itu kembali lagi, mereka sudah tahu tinggi nggak mau minum obat. Ada juga yang nggak mau atur makanannya," tutup Indah.






Tonton juga 'Hati-hati! Dampak Bahaya Tidur Terus Saat Libur Kerja':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed