Kamis, 25 Okt 2018 09:17 WIB

Fahmi Bo Terserang Stroke, Stres Bisa Jadi Pemicunya

Aisyah Kamaliah, Rosmha Widiyani - detikHealth
Fahmi Bo terserang stroke (Repro Instagram Mona Ratuliu) Fahmi Bo terserang stroke (Repro Instagram Mona Ratuliu)
Jakarta - Fahmi Bo pemeran dalam sinetron Lupus Milenia dan Tukang Ojek Pengkolan terkena stroke Rabu (24/10/2018). Kabar ini diperoleh melalui unggahan rekan sesama pemeran sinetron Irgi Ahmad Fahrezi dan Mona Ratuliu.

"Kita sudah di rumah Fahmi Bo nih, Fahmi lagi sakit mohon doanya ya supaya dia lekas sehat. Kemarin stroke sebelah ya Mi mukanya sekarang sudah membaik," tulis Mona di Instagram.

Mona tidak menyebut apa penyebab stroke yang menyerang Fahmi Bo. Namun dikutip dari Web MD, stroke terjadi ketika aliran darah ke otak terhambat. Akibatnya, otak kekurangan asupan oksigen dan glukosa untuk berfungsi dengan baik.

Baca juga:

Bila dibiarkan, serangan stroke ini bisa mengakibatkan kerusakan otak permanen atau kematian. Pasien stroke harus segera dibawa ke rumah sakit dalam jangka waktu 3-6 jam. Periode ini disebut golden age karena pasien masih bisa diselamatkan dengan penanganan medis.

Gejala stroke adalah lemah atau mati rasa di salah satu bagian tubuh, wajah, atau lengan. Pasien merasa salah satu atau kedua matanya ditutup gorden sehingga tidak mampu melihat. Gejala lain adalah hilang keseimbangan, bicara tidak jelas, dan sakit kepala tanpa sebab.



Sebanyak 50 persen serangan stroke pada laki-laki dan perempuan bisa dicegah. Upaya preventif meliputi olahraga, tidak merokok, serta mengonsumsi cukup sayur dan buah. Pola makan sebaiknya tidak terlalu bantak gula, garam, dan lemak untuk mencegah obesitas, yang merupakan faktor risiko stroke.

Ahli saraf dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dr Sahat Aritonang, SpS, MsiMed, FINS, FINA, dalam wawancara dengan detikHealth beberapa waktu lalu menyebut stres sebagai salah satu faktor yang meningkatkan risiko stroke.


Tonton video: Bincang Langsung dengan Fahmi Bo soal Penyakit Stroke-nya
[Gambas:Video 20detik]
"Ketika kita stres, tubuh akan melepaskan hormon-hormon stres. Hormon stres itu kan akan menyebabkan tekanan darahnya tinggi, gula darahnya tinggi. Jadi lama-lama jadi kayak lingkaran setan," jelasnya.

(up/up)
News Feed
Layar Pemilu Terperc
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya