Jumat, 26 Okt 2018 09:00 WIB

Ganja Legal di Kanada, Tapi Tidak untuk Pendatang dari Korea

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemerintah Korea Selatan tetap memberikan hukuman pada warganya di Kanada yang konsumsi ganja. (Foto: iStock) Pemerintah Korea Selatan tetap memberikan hukuman pada warganya di Kanada yang konsumsi ganja. (Foto: iStock)
Jakarta - Kanada menjadi negara kedua yang melegalkan marijuana atau ganja. Hal ini menjadi kesempatan masyarakat pendatang dari berbagai negara untuk mencoba rokok ganja. Namun tidak bagi warga Korea Selatan yang bermukim di sana.

Pemerintah Korea Selatan dan Kepolisian Korea Selatan telah berulang kali memperingatkan warganya untuk tidak ikut ambil bagian dalam 'kebebasan' ini. Pemerintah Korea Selatan tetap akan mengambil langkah tegas bagi mereka yang melanggar.

"Perokok ganja akan dihukum sesuai dengan hukum di Korea, bahkan jika mereka melakukannya di negara yang telah melegalkan rokok ganja. Tidak akan ada pengecualian," kata Yoon Se Jin, kepala divisi investigasi kejahatan narkotika di biro kepolisian Gyeonggi, Nambu.



Peringatan tersebut ditegaskan kepada para pelajar dari Korea Selatan yang menempuh pendidikan di Kanada. Menurut Kementerian Luar Negeri Kanada, terdapat sekitar 23.000 pelajar Korea Selatan yang berada di Kanada.

Peraturan ini pun berlaku bagi para selebriti Korea Selatan. Beberapa idola K-pop seperti Crown J dan G-Dragon yang tertangkap tangan merokok dengan ganja di luar negeri. Meski statusnya sebagai idol, pemerintah Korea tetap memberikan hukuman kepada mereka. Seperti T.O.P, member Bigbang yang di tahan oleh kepolisian Korea Selatan selama 10 bulan akibat konsumsi ganja.

"Jika warga kami (Korea Selatan) melakukan aktivitas seperti merokok, menjual, atau memiliki ganja, itu akan tetap dikategorikan sebagai tindakan yang ilegal. Harap berhati-hati untuk tidak melakukannya karena hukuman tetap berjalan," tutur Kedutaan Korea Selatan di Kanada.




Tonton juga 'Kini Dilegalkan di Kanada, Apa Dampak Ganja untuk Kesehatan?':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)