Minggu, 28 Okt 2018 16:59 WIB

Berikut Manfaat Lele, Makanan Favorit Gelandang Timnas U-19 Egy Maulana Vikri

Rosmha Widiyani - detikHealth
Egy Maulana Vikri. Foto: 2018 Asian Football Confederation (AFC) Egy Maulana Vikri. Foto: 2018 Asian Football Confederation (AFC)
Jakarta - Gelandang Timnas U-19 Egy Maulana Vikri ternyata sangat menyukai makanan berbahan lele. Lebih tepatnya, lele sambal hijau yang dimasak ibunya. Egy belum dipastikan kembali tampil dalam laga Indonesia Vs Jepang pada Minggu (28/10/2019) akibat cedera harmstring.

Tingginya kandungan nutrisi lele memang tepat sebagai makanan favorit Egy, yang kini membela klub asal Polandia Lechia GdaƄsk. Ikan bernama latin Clarias sp ini kaya kandungan protein, yang merupakan zat pembangun tubuh. Kecukupan protein memudahkan tubuh lekas pulih dari cedera fisik.


Dikutip dari berbagai sumber, lele mengandung fosfor cukup tinggi mencapai 168 miligram per 100 gram. Fosfor berperan penting dalam pertumbuhan dan kekuatan tulang, gusi, dan gigi. Fosfor membantu mengekstrak hasil metabolisme sehingga mudah digunakan tubuh.

Manfaat lain dalam lele adalah kandungan potasium yang bisa mencegah gangguan jantung dan pembuluh darah. Potasium membantu menyetabilkan tekanan darah, membersihkan kandungan karbondioksida, dan mencukupi kebutuhan mineral tubuh.

Lele juga mengandung omega 3 yang membantu pertumbuhan otak janin, mata, dan susunan saraf bayi. Tentunya lele jangan dimasak dengan terlalu banyak gula, garam, dan lemak, untuk memaksimalkan manfaat nutrisinya untuk tubuh.

(Rosmha Widiyani/ask)
News Feed