Minggu, 28 Okt 2018 19:28 WIB

Cedera Harmsting, Bagaimana Masa Depan Egy Maulana Vikri?

Rosmha Widiyani - detikHealth
egy Maulana Vikri. Foto: Aries Suyono egy Maulana Vikri. Foto: Aries Suyono
Jakarta - Gelandang Timnas U-19 Egy Maulana Vikri tak diturunkan dalam laga melawan Jepang, Minggu (28/09/2018). Egy mengalami cedera hamstring yang belum pulih hingga harus berada di kursi cadangan. Egy saat ini membela klub Lechia GdaƄsk asal Polandia

Dikutip dari situs American Academy of Orthopaedic Surgeon, cedera hamstring kerap terjadi pada atlet. Cedera biasanya pulih setelah pasien menjalani semua prosedur pengobatan dan terapi. Prosedur ini mencakup rest, ice, compression, dan elevation (RICE) yang dilakukan secepatnya.


Protokol istirahat, mengompres dengan es, menekan, dan mengangkat areal cedera segera diterapkan setelah pasien terlihat kesakitan. Pasien selanjutnya menjalani terapi fisik untuk mengembalikan fungsi tubuh dan segera beraksi di lapangan.

Cedera hamstring berisiko terulang seiring tingginya intensitas aktivitas fisik. Atlet hanya bisa kembali beraksi bila dokter telah memberi izin. Otot hamstring yang kembali cedera lebih berisiko terkena kerusakan permanen. Akibatnya, cedera menjadi kondisi kronis yang mengganggu keseharian pasien.

Hamstring adalah sekumpulan otot yang membantu kaki lurus ke belakang dan membengkokkan lutut. Cedera hamstring terdiri atas tiga derajat yaitu tarikan ringan, robek sebagian, dan seluruh bagian otot. Jenis dan lamanya penyembuhan serta rehabilitasi bergantung pada derajat cedera.

(Rosmha Widiyani/fds)
News Feed