Senin, 29 Okt 2018 13:15 WIB

Catat! Saran Psikolog, Hati-Hati Sebar Info Musibah Agar Tak Bikin Cemas

Annissa Widya Davita - detikHealth
Tim Basarnas melakukan evakuasi ke lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang. Pesawat itu diketahui jatuh di sekitar perairan Laut Karawang. (Foto: Dok. Basarnas) Tim Basarnas melakukan evakuasi ke lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang. Pesawat itu diketahui jatuh di sekitar perairan Laut Karawang. (Foto: Dok. Basarnas)
Jakarta - Musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 jadi perbincangan di hampir semua platform media sosial. Psikolog menyarankan untuk berhati-hati menyebarkan informasi agar tak malah bikin cemas.

"Bijak-bijak lah dalam menggunakan media sosial. Sebarkan berita baik, ketimbang menyebarkan berita yang memunculkan emosi negatif seperti takut, cemas, khawatir," kata psikolog dari Universitas Indonesia, Bona Sardo, MPSi, Senin (29/10/2018).

Menurut Bona, informasi yang simpang-siur bisa membuat keluarga korban semakin khawatir. Begitupun bagi orang lain, bisa juga memicu ketakutan yang tidak seharusnya. Misalnya, jadi takut naik pesawat terbang.



Bona menyarankan, ada baiknya informasi yang disebar terlebih dahulu disaring. Informasi yang positif akan lebih bermanfaat, utamanya untuk mengurangi kecemasan.

"Kita bisa sampaikan pula mengenai fakta lain tentang betapa pentingnya memahami alat-alat keselamatan di dalam pesawat, dan lain-lain. Hal ini baik untuk mengurangi kecemasan," tambah Bona.

Menurut Bona, banyak sekali informasi viral yang bersifat 'menakut-nakuti'. Ia berpesan, jika tak ingin hal itu jadi budaya yang tidak baik, maka mulailah dari diri sendiri dengan menyebarkan berita-berita yang positif di media sosial masing-masing.





Tonton juga 'Hati-hati Hoax! Ini Bukan Foto Lion Air yang Jatuh':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed