Rabu, 31 Okt 2018 13:53 WIB

Ini Bahayanya Pakai Obat Tetes Mata Terus Menerus

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Beberapa orang yang mengalami mata merah mungkin sudah tidak asing lagi dengan penggunaan obat tetes mata. Apalagi bagi orang-orang yang terbiasa duduk di depan layar atau berada di luar lapangan dan terpapar debu.

Pemakaian obat tetes mata bukanlah hal yang dilarang. Namun ternyata, dr Rina La Distia Nora, SpM(K), PhD, dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), menyarankan untuk tidak menggunakan obat tetes mata yang ada dijual bebas secara sembarangan dan terus menerus.

"Obat tetes yang over the counter yang katanya bisa menyembuhkan iritasi mata itu harus dilihat dulu kontennya tuh apa, kalau dia cuma artificial tears itu biasanya enggak apa-apa pemakaiannya. Tapi kalau ada (komponen) yang aktif misalnya mengecilkan pembuluh darah itu baiknya, setiap penyakit yang ada kita harus tahu dulu penyebabnya apa," kata dr Rina.

Ketika kita menggunakan obat mata yang memang memiliki kandungan untuk mengecilkan pembuluh darah secara terus menerus, dr Rina menuturkan untuk mewaspadai dengan apa yang disebut 'rebound phenomenon'.



"Kalau obat yang digunakan yang simptomatis saja, yang mengecilkan pembuluh darah saja, makin lama ya enggak akan menyelesaikan masalah. Masalah itu yang harus diselesaikan. Kalau pembuluh darah kecil terus-terusan itu istilahnya ada rebound fenomenom, pembuluh darahnya bisa lebih besar dari sebelumnya. Mau menghilangkan mata merah malah matanya tambah merah," jelasnya.

Ada baiknya, ketika mengalami mata merah lebih dari tiga hari, atau bahkan mengalami keluhan mata buram, agar segera menemui dokter spesialis mata untuk mengetahui penyebabnya.

Ayo sayangi matamu mulai dari sekarang!





Tonton juga 'Tips Hilangkan Mata Panda dengan Bahan Rumah':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)