Kamis, 01 Nov 2018 11:42 WIB

Waspadai, Ini 5 Orang yang Berisiko Terkena Diabetes

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - International Diabetes Federation melaporkan bahwa diperkirakan terdapat 10,3 juta jiwa penduduk Indonesia menderita diabetes pada 2017. Angka tersebut membuat Indonesia menduduki peringkat ke-6 untuk negara dengan penderita diabetes terbanyak sedunia.

Hal ini dikarenakan diabetes nyaris dialami tanpa gejala, selain dari tiga gejala klasik diabetes seperti sering makan walaupun berat badannya turun, sering minum dan merasa haus, serta sering buang air kecil. Oleh karena itu, penting untuk mendeteksi siapa saja yang berisiko terkena diabetes seperti berikut ini.

1. Prediabetes
Dilansir dari jurnal The Lancet, orang-orang dengan kadar glukosa darah di antara normal dan diabetes sangat berisiko tinggi terkena diabetes. Diperkirakan 1 dari 10 orang dengan prediabetes akan beranjak menjadi penderita diabetes pada tahun berikutnya. Sampai saat ini, hanya cek gula darah rutin yang bisa mendeteksi seseorang terkena prediabetes atau tidak.

2. Riwayat keluarga diabetes
Risiko diabetes dapat diturunkan dalam keluarga, terutama keluarga inti yang mencakup ayah, ibu, dan saudara kandung. Seperti dilansir dari penelitian Experimental Diabetes Research di Korea Selatan, seorang anak dari ayah dan ibu yang diabetes berisiko 6 kali lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan anak-anak lain yang orang tuanya tidak menderita diabetes.

3. Kelebihan berat badan akibat asupan gula dan lemak berlebih
Kelebihan berat badan terutama akibat asupan gula dan lemak yang berlebihan adalah faktor risiko diabetes yang cukup penting. The American Journal of Clinical Nutrition menyebut 8 dari 10 pria dengan diabetes memiliki berat badan berlebih.

Berat badan dikatakan berlebih bila Indeks Massa Tubuh (IMT), yakni berat badan (kg) dibagi tinggi badan kuadrat (cm) sama dengan atau lebih dari 23. Bahkan diabetes sangat mungkin diderita seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi kalori, gula, serta lemak setiap harinya.

4. Mengalami gangguan kesehatan
Diabetes bisa ditandai dengan gangguan kesehatan seperti hipertensi, kadar lemak darah tinggi, kadar HDL rendah, atau adanya riwayat penyakit jantung. Kadar gula darah yang lebih tinggi dari normal, baik pada fase diabetes maupun prediabetes, membuat seseorang berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskuler.

Waspadai, Ini 5 Orang yang Berisiko Terkena DiabetesFoto: Dok Tropicana Slim

Maka American Diabetes Association menyarankan agar orang-orang yang kelebihan berat badan dan mengalami salah satu dari faktor-faktor tersebut untuk memeriksakan gula darahnya secara rutin.

5. Diabetes gestasional pada wanita
Diabetes gestasional adalah kadar gula darah yang tinggi yang dialami wanita selama kehamilan yang sebelumnya tidak menderita diabetes. Wanita dengan kondisi seperti ini dapat berisiko lebih tinggi terkena diabetes, bahkan hingga 7 kali lebih tinggi setelah masa kehamilan usai. (ega/up)