Jumat, 02 Nov 2018 18:19 WIB

Buat Pecinta Kopi, Berikut Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi gangguan pada tulang. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi gangguan pada tulang. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Bagi masyarakat urban, kopi adalah minuman wajib yang dikonsumsi setiap hari. Tubuh serasa tidak berfungsi maksimal tanpa secangkir kopi di sela aktivitas harian. Namun konsumsi kopi berlebih berisiko menganggu penyerapan kalsium yang menyebabkan tulang lebih rapuh.

Menanggapi hal ini, dokter ahli bedah saraf Wawan Mulyawan menyarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi. Konsumsi kopi setiap hari sebaiknya tidak lebih dari tiga single shot espresso. Satu shot setara 30 mililiter dengan kandungan kafein 120 hingga 170 miligram.

"Asal tidak berlebihan sebetulnya konsumsi kopi tidak menyebabkan tulang mudah keropos. Selain tidak terlalu banyak minum kopi, jangan lupa menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah osteoporosis," kata dokter ahli bedah saraf dari RSU Bunda Jakarta Wawan Mulyawan.


Osteoporosis adalah gangguan degeneratif pada tulang yang terjadi akibat penuaan. Proses ini bisa dicegah dengan tidak merokok, olahraga, mengonsumsi cukup sayur dan buah setiap hari. Asupan bernutrisi lengkap dan seimbang mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari.

Terkait jenis olahraga untuk mencegah osteoporosis sebaiknya dipilih yang bersifat weight-bearing. Olahraga ini memberikan beban pada tulang dan melatih kekuatan otot. Jenis olahraga ini adalah tenis, naik tangga, jogging, dan jalan kaki.

(Rosmha Widiyani/up)