Jumat, 02 Nov 2018 19:38 WIB

Indonesia Masih Punya Potensi Pandemi Flu Burung

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemeriksaan flu burung. Foto: STR/AFP/Getty Images Pemeriksaan flu burung. Foto: STR/AFP/Getty Images
Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam Global Health Security Agenda (GHSA) yang akan diselenggarakan pada 5-8 November 2018 mendatang. Secara garis besar, GHSA akan membahas mengenai keamanan dunia dalam konteks penyakit dan faktor yang mempengaruhi penyakit salah satunya pandemi.

Kepala Pusat Analisis Determinan Kesehatan Kemenkes RI, Pretty Multiharina, menyatakan bahwa Indonesia masih memiliki potensi pandemi influenza, utamanya flu burung.

"Secara dunia, yang sudah biasa pandemi adalah influenza. Kalau bicara potensi, Indonesia sudah pernah punya avian flu, itu kan flu brung yang cukup membahayakan dunia. Makanya sekarang kita mengadakan surveillance terkait dengan gen apa yang akan beredar untuk influenza," tuturnya saat dijumpai di Gedung Kementerian Kesehatan Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (2/11/2018).


Pretty menambahkan, surveillance dilakukan untuk melihat potensi agar tidak terjadi pandemi. Influenza bisa saja terjadi, tapi ada pencegahan untuk musimannya.

"Sekarang ada yg namanya vaksin musiman. Karena untuk influenza memang gennya selalu mutasi. Ini yg ditakutkan kalau bermutasi, kawin antara gen hewan misal babi itu bisa menjadi ganas dan ditakutkan," tutupnya.

(Khadijah Nur Azizah/up)
News Feed