Minggu, 04 Nov 2018 11:26 WIB

Pretty Asmara Sempat Gangguan Pencernaan, Berhubungan dengan Obesitas?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Pretty Asmara. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Komedian Pretty Asmara meninggal pada Minggu (4/11/2018) pukul 6 pagi. Komedian ini dikabarkan mengalami gangguan pencernaan dan agak kurus selama di penjara.

Selama hidupnya Pretty dikenal sebagai komedian bertubuh besar. Dikutip dari Hindawi, ada hubungan yang erat antara obesitas dan gangguan pencernaan (gastrointestinal).


Hal ini tercantum dalam jurnal Obesity and Gastrointestinal Diseases yang ditulis Ai Fujimoto dan rekan. Riset dilakukan di Healthcare Administration Center of Toranomon Hospital, Jepang. Studi dilakukan terhadap 42.862 orang dewasa pada 2008-2010.

Riset menyimpulkan, orang dengan indeks massa tubuh lebih dari 25 lebih berisiko terkena GERD dan hiatal hernia. Pria usia muda lebih berisiko terkena gangguan ini, meski bisa terjadi pada wanita.

Gangguan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dicirikan dengan sensasi nyeri dan terbakar. Kondisi ini diakibatkan naiknya asam lambung hingga esofagus. Penanganan cepat meningkatkan peluang sembuh pada pasien.

Hiatal hernia adalah kondisi bagian atas perut yang menonjol, hingga bagian bukaan diafragma. Diafragma adalah dinding otot yang memisahkan perut dengan dada. Hiatal hernia meningkatkan risiko terkena GERD bila tak segera ditangani.


Simak Juga 'Kabar Duka! Pretty Asmara Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(Rosmha Widiyani/fds)