Minggu, 04 Nov 2018 15:15 WIB

Turunkan Angka Penderita Jantung, Ribuan Orang Ikut Senam Sehat

Mustiana Lestari - detikHealth
Foto: Mustiana Lestari Foto: Mustiana Lestari
Jakarta - Ribuan orang berkumpul untuk melakukan senam jantung sehat dan olahraga baris berbaris di Festival Senam Jantung Sehat. Festival yang bertema "Ayo Indonesia, Bersama Kita Turunkan Angka Kejadian Serangan Jantung Pada Usia Produktif" ini sengaja digelar untuk mengampanyekan gaya hidup sehat dengan kegiatan berolahraga.

"Bekerja sama dengan Nutrive Benecol kita mengadakan berbagai kegiatan seperti penyuluhan kesehatan dan makanan bergizi, pemeriksaan ksehatan dan bazar. Tahun ini kami adakan di kantor Wali Kota Jakarta Timur dengan jumlah peserta 5.500 orang," kata Seksi Pembinaan Organisasi Badan Pelaksana Klub Jantung Jakarta, Hang Raharjo di lokasi, Minggu (4/11/2018).



Selain olahraga, digelar juga talkshow untuk mengedukasi peserta untuk mengendalikan kadar kolesterol yang merupakan faktor penyebab penyakit jantung koroner. Hal ini penting mengingat berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes angka penderita kolesterol tinggi dan terus meningkat.

"Research dari 2013 1 dari 3 orang dewasa Indonesia itu menurut menderita kolesterol tinggi dan kecenderungan meningkat," jelas Kepala Sub Direktorat Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Kemenkes Dr H. Zamhir Setiawan MEpid.



Sementara menurut survei Sample Regristration System (SRS) 2014 menunjukkan penyakit jantung koroner akibat kolesterol menjadi kematian tertinggi setelah stroke dan 80% penderitanya adalah kelompok usia produktif yaitu 15-64 tahun.

Sementara Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr Nessa Wulandari MGizi, SpGK mengatakan pentingnya gerakan gaya hidup TANGKAL untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Turunkan Angka Penderita Jantung, Ribuan Orang Ikut Senam SehatFoto: Mustiana Lestari


TANGKAL tediri dari 7 langkah mudah yaitu Teratur periksa kolesterol, Awasi asupan dan pola makan, Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, Giat berolahraga dngan senam B-Fit, Kendalikan berat badan dan hindari stress, Awasi tekanan darah serta Lengkapi dengan Benecol 2 kali sehari.

Menurut Head of Business Unit Specialities Nutrition Nutrive Benecol Donny Bambang Iryanto produknya mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung koroner.

"Kami satu-satunya pangan yang bisa menurunkan kolesterol 7 sampai % dama 1 hingga 2 minggu Benecol ini memnag sudah dijual di 35 negara dan kita bawa ke Indonesia. Karena kita bisa bantu masyarakat makanya kita jalankan kampanye tahun ketiga kita," jelas dia.
(mul/ega)