Minggu, 04 Nov 2018 17:21 WIB

Ada Cairan di Paru-paru Pretty Asmara, Apa Saja Kemungkinan Penyebabnya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Almarhuman Pretty Asmara sempat mengalami sesak napas sebelum meninggal dunia pagi ini (Foto: Ismail/detikHOT) Almarhuman Pretty Asmara sempat mengalami sesak napas sebelum meninggal dunia pagi ini (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta - Komedian Pretty Asmara, meninggal dunia hari ini. Sempat disinggung soal riwayat gangguan pencernaan, ternyata Pretty mengalami sesak napas dan penimbunan cairan antara paru-paru dengan lapisan pembungkusnya.

"Ada penimbunan cairan antara paru-paru dengan pembungkus paru-paru," jelas dr Daniel, Kepala RS Pengayoman, Jakarta Timur, dikutip dari detikHot.



Dikutip dari WebMD, cairan dalam jumlah tak wajar di sekitar paru-paru dikenal sebagai pleural effusion atau efusi pleura. Cairan tersebut biasanya menumpuk di antara paru-paru dan lapisan pembungkusnya, yakni pleura, yang menempel di bagian dalam rongga dada.

Normalnya, area di sekitar pleura memang berair untuk memungkinkan paru-paru mengembang dengan baik saat bernapas. Namun dalam jumlah berlebih, cairan akan menyebabkan paru sulit mengembang sehingga menyebabkan sesak napas seperti dialami Pretty saat datang ke rumah sakit. Orang awam menyebutnya sebagai 'paru-paru basah', namun sebenarnya istilah tersebut tidak dikenal dalam dunia medis.

Penumpukan cairan dalam jumlah berlebih di area pleura bisa disebabkan oleh banyak hal. "Penyebabnya itu karena infeksi karena proses keganasan juga bisa, akhirnya kita periksa," sebut dr Daniel.



Beberapa penyebab efusi pleura antara lain sebagai berikut: (up/fds)
News Feed