Selasa, 06 Nov 2018 12:54 WIB

Terbukti! Makan Petai Bisa Perbaiki Suasana Hati

Rosmha Widiyani - detikHealth
Petai cukup digemari meski baunya dianggap tidak sedap (Foto: Tri Ispranoto) Petai cukup digemari meski baunya dianggap tidak sedap (Foto: Tri Ispranoto)
Jakarta - Petai banyak dihindari karena baunya yang minta ampun. Tetapi jangan salah, kandungan petai punya khasiat memperbaiki suasana hati.

ikutip dari HB times, petai bisa menekan risiko terjadinya seasonal affective disorder (SAD). SAD adalah gejolak mood atau suasana hati akibat perubahan musim, yang bisa menyebabkan pengidapnya mengalami depresi.

Manfaat ini didukung riset yang dijalankan MIND terhadap pengidap depresi. Responden merasa gejolak emosinya membaik usai mengonsumsi petai. Asupan ini mengandung triptofan yang diubah tubuh menjadi serotonin. Asam amino ini menyebabkan tubuh mudah rileks, lebih nyaman, dan memperbaiki mood.



Petai dengan nama latin Parkia speciosa mengandung protein empat kali lebih banyak daripada apel. Kandungan lain dalam petai adalah karbohidrat, fosfor, Vitamin A, besi, serta potassium. Zat ini memungkinkan petai menjaga kestabilan tekanan darah dan mengantisipasi stres.

Dengan kekayaan nutrisi ini, petai sebetulnya juga baik dikonsumsi saat hati sedang gundah. Namun konsumsinya jangan berlebih, untuk mencegah baunya yang kurang sedap mengganggu lingkungan sekitar.






Tonton juga 'Bikin Mupeng Euy Lihat DJ Butterfly Asyik Makan':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed