Rabu, 07 Nov 2018 12:14 WIB

Belajar dari Desy Ratnasari, Ini Tantangan Menjalin Komunikasi dengan Mantan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Desy Ratnasari. Foto: Andhika Prasetia/detikcom Desy Ratnasari. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Desy Ratnasari masih menjalin komunikasi yang baik dengan Irwan Mussry, yang kini menjadi suami Maia Estianty. Desy yang sempat menolak berkomentar atas kedekatan Irwan dan Maia, bahkan telah menerima pernikahan keduanya.


Dikutip dari Times of India, tidak selalu mudah menjalin komunikasi dengan mantan pacar. Perlu kepala dingin dan kedewasaan yang memungkinkan keduanya tetap bisa berhubungan baik.

"Sebetulnya bergantung dari faktor yang menyebabkan putus. Selama bisa mengatasi faktor tersebut dengan baik, maka hubungan pertemanan bisa dipertahankan. Tidak ada yang bisa memastikan dua orang yang pernah berhubungan spesial bisa menjadi teman," kata psikolog Zankhana Joshi.

Hal lain yang ikut menentukan adalah kondisi terkini keduanya yang pernah pacaran. Keduanya harus benar-benar move on tanpa menyisakan motif tertentu dalam ketika berteman. Bila ada yang masih terjebak masa lalu, keputusan melanjutkan hubungan pertemanan bukan hal bijak.

Joshi menyarankan mantan pasangan tak perlu buru-buru menjadi teman. Menjauh sementara adalah keputusan yang baik hingga bisa menata kembali kondisi mental dan psikologis. Setelah bisa menerima hubungan yang telah berakhir, seseorang bisa lebih mudah untuk kembali membuka diri dan kembali berkomunikasi dengan mantan pacar.




Tonton juga 'Reaksi Maia Estianty Saat Ditanya Kabar Pernikahannya':

[Gambas:Video 20detik]

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed