Kamis, 08 Nov 2018 08:12 WIB

Cuaca Dingin dan Mendung, Lebih Banyak yang Lapar atau Mengantuk?

Annissa Widya Davita - detikHealth
Cuaca mendung bikin lapar dan mengantuk (Foto: shutterstock) Cuaca mendung bikin lapar dan mengantuk (Foto: shutterstock)
Jakarta - Musim hujan telah tiba, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan curah hujan tinggi dalam beberapa hari ke depan. Cuaca dingin akan jadi santapan sehari-hari.

Ketika hujan turun dan langit dipayungi mendung, pernahkah merasa jadi lebih sering lapar? Normal, tubuh butuh ekstra kalori untuk menghangatkan diri. Jika tidak dipenuhi, selain terasa dingin juga muncul keluhan lain: ngantuk!

Polling detikHealth menunjukkan 50 persen pembaca merasa ngantuk saat turun hujan. Sebanyak 31 persen lainnya mengaku lebih sering merasakan lapar.

"Yang pasti lapar. Kelaparan lebih mematikan daripada mantan. Masih banyak calon kekasih yang bisa dikejar setelah perut kenyang," @afriyanto

"Kalo ujan bawaannya laper mulu," @LinaRufeinSS

"Lapar,,karna mantan cuma bisa bikin nangis gak bikin kenyang ,jadi harus cari mie instan dech," @rocky_renra




Kenapa lapar? Ahli gizi dan diet lulusan University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, rasa lapar di tengah cuaca dingin adalah hal yang naluriah. Peningkatan asupan kalori 5-10 persen saat cuaca dingin adalah wajar.

"Itu naluriah. Karena, kita sebagai makhluk hidup saat menjelang pergantian musim ke cuaca dingin, tubuh ini akan berusaha menimbun cadangan makanan, salah satu caranya adalah dengan lebih cepat merasa lapar," ujarnya.

Nah siapa yang pagi ini merasa kelaparan?

(up/up)
News Feed