Kamis, 08 Nov 2018 15:00 WIB

Curhat Perawat Ruang Isolasi, Sedih kalau Pasien Ditolak Keluarga

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Para perawat di ruang isolasi RS Sanglah Denpasar (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth) Para perawat di ruang isolasi RS Sanglah Denpasar (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Denpasar - RSUP Sanglah Bali memiliki Ruang Perawatan Nusa Indah yang khusus untuk menangani pasien dengan tendensi wabah penyakit menular seperti TBC (Tuberkulosis) dan flu burung.

Di ruangan ini, terdapat 4 perawat yang siap sedia untuk mengurus dan merawat pasien dengan risiko penularan sangat tinggi. Meski demikian, para perawat tetap bekerja dengan hati dan sungguh-sungguh demi kesembuhan pasien

"Tidak takut karena sudah ada instrumen dan APD (alat pelindung diri) serta prosedur yang menjamin keselamatan kerja," ujar Ni Luh Gede Agustini, salah satu perawat saat ditemui di RSUP Sanglah, Kamis (8/11/2018).



Pada saat tim detikHealth berkunjung, terdapat dua pasien yang sedang menjalani perawatan dengan kecurigaan TBC dan belum boleh ditempatkan di kamar inap khusus TBC ataupun kamar inap biasa.

"Menolongnya ikhlas kalau pasien sembuh, pulang dengan sehat, kita suka sekali. Senangnya minta ampun," katanya.

Selain itu, para perawat juga terkadang merasa sedih jika ada pasien yang perlu mendapat perawatan namun keluarganya menelantarkan.

"Ada keluarga pasien yang nggak mau ngambil lagi, karena diketahui pasiennya sudah menderita penyakit menular nah mereka tidak mau (mengambil), kita kadang kesulitan kalau pasiennya mau pulang tidak ada keluarga," tutupnya.

(up/up)
News Feed