Kamis, 08 Nov 2018 16:36 WIB

Penyuka Guns N Roses Bisa Jadi Orangnya Berkepribadian Terbuka

Firdaus Anwar - detikHealth
Kepribadian kamu bisa terlihat dari preferensi musik kamu. (Foto: Getty Images) Kepribadian kamu bisa terlihat dari preferensi musik kamu. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Grup band rock legendaris Guns N Roses akan segera menggelar konsernya di Jakarta. Bagi kamu penyuka aliran musik intens, konser ini mungkin jadi salah satu kesempatan yang tidak bisa dilewatkan.

Terkait hal tersebut psikolog dari George Mason University, Profesor Dr Todd B Kashdan, pernah mengatakan kalau secara umum selera musik bisa mencerminkan kepribadian kita. Studi dari lebih 5.000 orang dewasa menunjukkan aliran musik bisa dibagi menjadi lima kategori besar dan tiap kategori disenangi orang-orang tertentu:



-Rumit: contoh musik-musik klasik yang kompleks
-Bersahaja: contoh musik-musik country yang sederhana
-Intens: contoh musik-musik elektrik agresif, rock, dan metal
-Mellow: contoh musik-musik jaz yang lambat dan romantis
-Kontemporer: contoh musik-musik rap dan elektronika.

Nah para penggemar Guns N Roses bisa jadi masuk dalam kategori penyuka musik intens. Dijelaskan oleh Prof Todd kalau orang penyuka kategori musik intens cenderung memiliki sifat positif terbuka terhadap hal baru dan berpikiran kreatif. Negatifnya penyuka musik intens juga cenderung bersikap dominan dan memiliki gaya komunikasi yang spontan.

"Dari semua penyuka aliran musik, penyuka musik intens cenderung memiliki sikap yang paling tidak hati-hati. Spontan, tidak teratur, kurang memiliki pengendalian diri," tulis Prof Todd untuk Psychology Today dan dikutip pada Kamis (8/11/2018).

Bagaimana menurut kamu, setujukah dengan pernyataan psikolog tersebut?

(fds/up)
News Feed