Jumat, 09 Nov 2018 13:02 WIB

Menkes Sebut Penyakit Tidak Menular Meningkat

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Menkes Nila Moeloek (Foto: Puskom Kemenkes) Menkes Nila Moeloek (Foto: Puskom Kemenkes)
Jakarta - Penyakit Tidak Menular (PTM) salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Tingginya penyakit menular sekaligus penyakit tidak menular jadi beban ganda dalam pelayanan kesehatan, sekaligus tantangan yang harus dihadapi dalam pembangunan bidang kesehatan di Indonesia.

Ditemui di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (9/11/2018), Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI) Nila F Moeloek mewanti-wanti PTM di Indonesia cenderung meningkat.

"Hasil diskusi (studi) kita selama ini, bahwa PTM di negara kita meningkat," ujarnya.



Studi tersebut dilakukan atas kerja sama antara Kementerian Kesehatan RI, Balitbangkes Kemenkes RI, Badan Pusat Statistik, Eijkman Oxford Institute, Universitas Indonesia, dan beberapa lembaga lainnya, baik di dalam maupun luar negeri.

"Diabetes naik, hipertensi, kita semua meningkat. Saya komunikasikan kepada Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) untuk concern dengan hal ini," ungkapnya.

Di samping itu, penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke serta diabetes kini menempati tiga urutan teratas beban penyakit di Indonesia. Beban penyakit ini yang dimaksud adalah dampak seperti kerugian finansial dan kematian yang disebabkan oleh penyakit. Beban penyakit ini diukur dengan berbagai indikator seperti keuangan, angka kematian, maupun keadaan sakit.

(up/up)
News Feed