Sabtu, 10 Nov 2018 11:04 WIB

Urusan Rumah Tangga Bikin Stres? Begini Cara Mengatasinya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Urusan rumah tangga memang bikin stres (Foto: Thinkstock) Urusan rumah tangga memang bikin stres (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Perkara kecil bisa menjadi faktor pemicu stres bahkan depresi. Atap rumah bocor, mesin cuci rusak, rumah nggak bersih, menjadikan banyak orang merasa stres.

Meski terlihat sepele, jika hal ini berlangsung secara terus menerus akan terjadi psikomasis sampai kecenderungan depresi. Psikolog klinis dari Universitas Indonesia, Vera Itabiliana, mengatakan urusan rumah tangga yang dipikul sendiri akan sangat berat untuk dilakukan.

"Ada tanggung jawab seperti membersihkan rumah, memasak, beberes rumah, itu sebenarnya sepele sekali tapi bisa bikin stres. Lama kelamaan kalau masalahnya terus menerus juga mengakibatkan depresi," katanya saat dijumpai pada diskusi Generasi Sandwich, Milenial dan Stres Rutinitas Harian oleh Beko Indonesia, di Penang Bistro Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).



Vero menambahkan, agar terhindar dari stres terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan. Mulai dari bersikap realistis dengan kemampuan sendiri, kolaborasi dengan pasangan, peduli diri, dan meminta bantuan jika memerlukannya.

"Ciptakan lingkungan pendukung yang bisa diandalkan. Jangan ragu minta bantuan kalau memang merasa berat mengerjakannya sendiri. Kalau orang tua tinggal di sekitar kita, bisa minta tolong ke mereka untuk jaga anak misalnya," tambahnya.

Ia juga mengingatkan agar tidak lupa dengan kebutuhan pribadi. Pasalnya, banyak orang yang terlalu fokus dengan berbagai hal sampai melupakan bahwa diri mereka juga perlu beristirahat sejenak.

"Me time tetap harus ada, jangan karena sibuk jadi lupa sama diri sendiri. Lakukan apapun yang kita sukai, bahkan berdiam diri sejenak juga patut dicoba," tutupnya.

(up/up)
News Feed