Minggu, 11 Nov 2018 07:59 WIB

Makan Plasenta Sendiri Seperti Hilary Duff, Aman Nggak Sih?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Hilary Duff. Foto: Getty Images Hilary Duff. Foto: Getty Images
Jakarta - Hilary Duff mengonsumsi sendiri plasentanya usai melahirkan puteri pertamanya, Banks Violet Bair. Praktik serupa sempat dilakukan selebriti lain yaitu Chrissy Teigen, Kim Kardashian West, Katherine Heigl, Alicia Silverstone, dan January Jones.

Dikutip dari USA Today, Duff ingin mencegah depresi dan pendarahan yang terjadi usai melahirkan dengan makan plasenta. Duff mengonsumsinya dalam bentuk smoothie supaya tidak bersendawa dengan aroma plasenta. Plasenta biasa dikonsumsi dalam bentuk pil, dikeringkan, atau dipanggang.

Plasenta adalah organ pertama yang dibentuk saat perempuan dinyatakan hamil. Plasenta memungkinkan ibu dan calon bayinya berbagi nutrisi serta oksigen. Tugas plasenta selesai saat bayi hadir di dunia lewat vagina atau operasi caesar.


Praktik makan plasenta atau placentophagy diklaim dalam memperbaiki mood dan energi ibu usai melahirkan. Plasenta yang dianggap sebagai superfood juga dianggap mampu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan. Sayangnya klaim tersebut belum terbukti hingga kini.

Riset yang dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology menyatakan, efek placentophagy tidak sepenuhnya benar (plasebo). Riset juga melaporkan tidak ada bukti spesifik terkait nutrisi dan hormon dalam plasenta, yang bisa menolong ibu usai melahirkan.

Namun makan plasenta dalam berbagai bentuk juga belum terbukti merugikan kesehatan ibu. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengingatkan ibu berhati-hati sebelum makan plasenta sendiri atau memberikannya pada buah hati. Seorang ibu dari Oregon tanpa sengaja menularkan infeksi Group B Streptococcus pada bayinya usai memberi plasenta. Riset selama beberapa akhirnya menemukan kuman ada di dalam plasenta ibu yang telah dehidrasi.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed