Minggu, 11 Nov 2018 11:27 WIB

Benarkah Kopi dan Makanan Pedas Bisa Bikin Mag Kambuh?

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Banyaknya ragam makanan dan minuman yang bermunculan membuat seseorang sulit mengontrol kebiasaan makan yang tepat. Sesekali timbul rasa ingin mengonsumsi makanan pedas dan minum kopi untuk memuaskan lidah. Namun rasa pedas dan kopi sebenarnya memiliki efek buruk jika dikonsumsi berlebihan, apalagi bagi seseorang yang punya mag.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi mengungkapkan sakit mag akibat kopi dan makanan pedas terjadi akibat sensitifnya lambung terhadap kedua jenis makanan tersebut. Bahkan jika terpapar sedikit makanan pedas dan kopi, mag akan kambuh dengan cepat.

"Pertama karena faktor sensitivitas, sedangkan yang kedua adalah karena efek kafein dan capcaisin memicu produksi asam lambung berlebihan sehingga timbul gejala sakit mag," ujar dr. Helmin kepada detikHealth, Minggu (11/11/2018).



Kandungan dari kedua makanan dan minuman tersebut bisa memicu kambuhnya mag sehingga membuat aktivitas tak nyaman karena muncul rasa perih, mual, dan kembung.

Beruntungnya, tidak semua orang sensitif terhadap kopi dan makanan pedas. Namun jumlah yang berlebihan akan menjadi penyebab mag kambuh pada orang yang lambungnya tidak sensitif.

Jika hobi makan pedas dan minum kopi, sebaiknya konsumsi kedua asupan tersebut dengan tidak berlebihan. Apalagi ketika ingin minum kopi, pastikan perut sudah terisi dengan makanan lain.

dr. Helmin menyarankan untuk melakukan netralisir asam lambung dengan minum air putih dan mengonsumsi makanan yang tidak merangsang asam lambung.



Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya mag yaitu dengan mengonsumsi kentang rebus, brokoli, dan bubur karena bisa membantu meredakan mag.

Namun jika mag sudah menyerang, lakukan penanganan dengan cepat dan tepat agar tidak makin parah. Caranya dengan mengonsumsi obat yang bekerja menetralisir asam lambung yang terbukti efektif dan aman dikonsumsi, seperti Promag. Kandungan hydrotalcite-nya bisa bekerja cepat meredakan mag dan melindungi lambung lebih lama. (mul/ega)
mag