Minggu, 11 Nov 2018 14:03 WIB

Matematika Selalu Bikin Pusing, Penting Nggak Sih Dipelajari?

Kireina Suci Cahyani - detikHealth
Matematika selalu dihindari karena bikin kepala terasa pusing (Foto: iStock) Matematika selalu dihindari karena bikin kepala terasa pusing (Foto: iStock)
Jakarta - Siapa yang menganggap matematika itu ribet dan bikin trauma? Eits tunggu dulu, ternyata ilmu yang kalian anggap rumit ini penting dipelajari karena memang telah memberikan dampak yang besar bagi keberlangsungan hidup kita.

Salah satu pegiat akademisi di bidang matematika Dhitta Puti Sarasvati mengatakan bahwa belajar matematika itu sebenarnya menyenangkan. Namun memang cara pembelajarannya memang harus dilakukam dengan berbagai cara yang kreatif dan inovatif agar lebih menarik dan mudah dipahami.

"Matematika itu kalo ditekuni itu asyik dan sangat menyenangkan, karena tanpa ilmu ini peradaban seperti saat ini tidak akan ada. Peradaban ini ada ya karena salah satunya dibangun oleh banyak orang yang berkontribusi di ilmu matematika," tutur wanita yang akrab disapa Puti.

Belajar matematika itu bukan hanya soal kemampuan berhitung saja. Namun di ilmu ini kemampuan bernalar, memecahkan masalah, mengkomunikasikan gagasan matematis, kemampuan memodelkan sesuatu juga akan dipelajari. Mempelajarinya juga menjadi salah satu cara untuk menstimus pikiran kita agar selalu berpikiran positif ke depannya.



Menurut Puti, seseorang yang mampu berpikir matematis tentu menjadi seseorang yang bisa berpikir juga secara sistematis. Seseorang ini juga bisa mengidentifikasi dan menganalisis masalah secara sistematis. Hal itu dikarenakan keterampilan dasar yang dikembangkan di ilmu matematika dari beberapa sudut pandang.

"Bayangkan apabila semua kemampuan dan keterampilan ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sudah sangat jelas betapa aplikatifnya kemampuan bermatematika," ujar Puti saat ditemui detikHealth di kawasan Depok, Jawa Barat.

Tokoh pendidikan Prof Dr dr Fasli Jalal menyebut matematika adalah semacam olahraga bagi otak. Makin sering dilatih, otak jadi lebih sehat dan 'bugar' sehingga tidak cepat rusak.

Jadi siapa nih yang masih malas belajar matematika?

(up/up)