Minggu, 11 Nov 2018 17:13 WIB

Kesehatan Jiwa

Ada Orang Mau Bunuh Diri? Video Ini Tunjukkan Cara Simpel untuk Menolongnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Depresi yang tidak tertangani kerap berujung pada aksi bunuh diri (Foto: iStock) Depresi yang tidak tertangani kerap berujung pada aksi bunuh diri (Foto: iStock)
Jakarta - Apa yang harus dilakukan ketika melihat seseorang yang depresi dan hendak bunuh diri? Sebuah video menunjukkan cara simpel yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan orang tersebut, yakni mengajaknya ngobrol.

Samaritans, sebuah organisasi di Inggris yang memberikan layanan konseling kejiwaan, baru-baru ini meluncurkan kampanye tentang bunuh diri. Kampanye dalam bentuk video tersebut mereka beri judul 'Small Talk Saves Lives'.

Digambarkan dalam video tersebut, seorang perempuan mendekati laki-laki yang berdiri sendirian dan tampak gundah di stasiun. Perempuan itu membuka percakapan dengan sebuah kalimat simpel seperti yang sehari-hari ia ucapkan ke semua orang.

"Can't believe this weather...," kata perempuan tersebut, dengan gestur yang menunjukkan bahwa ia sedang bicara dengan si pria.



[Gambas:Youtube]



Mendengar kalimat simpel yang ia yakini ditujukan untuk mengajaknya bicara, si pria seperti teralihkan pikirannya. Dari yang semula bengong, kemudian makin gelisah dan hendak menoleh ke arah perempuan yang mengajaknya bicara.

"Is everything alright?" tanya perempuan itu untuk menegaskan situasi.

Kali ini si pria benar-benar menoleh. Ekspresinya seperti hendak menyampaikan sesuatu di tengah kegeisahannya. Sebuah pesan lalu muncul mengakhiri adegan tersebut.

"Sebuah percakapan pendek bisa jadi segalanya yang dibutuhkan untuk menginterupsi pikiran untuk bunuh diri pada seseorang," demikian bunyi pesan tersebut, sebagaimana tertulis juga di situs mereka, samaritans.org.

Pesan dalam video ini juga menyarankan seseorang untuk mengikuti insting, yakni membuka percakapan, ketika menemui seseorang yang mungkin butuh pertolongan. Setiap satu kematian di rel kereta api, enam terselamatkan oleh orang di sekitarnya.

Sesederhana itu ternyata ngobrol bisa sangat berguna untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Ayo, sering-sering ngobrol sejak sekarang!

(up/up)
News Feed