Selasa, 13 Nov 2018 11:25 WIB

Tips Buat yang Suka Ngupil Agar Tak Kena Pneumonia

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Kebiasaan ngupil ternyata meningkatkan risiko pneumonia (Foto: istock) Kebiasaan ngupil ternyata meningkatkan risiko pneumonia (Foto: istock)
Jakarta - Kebiasaan ngupil ternyata berisiko memicu pneumonia, juga dampak kesehatan lainnya termasuk luka di lubang hidung. Lalu apa yang harus dilakukan jika ngupil sudah jadi kebiasaan?

"Nggak ada tips khusus, palingan ya jangan terlalu sering ngorek hidung saja," kata dokter paru dari RS Persahabatan, Dr dr Erlina Burhan, Sp.P(K), ditemui baru-baru ini di rumah Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) di kawasan Cipinang, Jakarta Timur.



Kaitan antara kebiasaan ngupil dengan risiko pneumonia terungkap dalam sebuah penelitian di European Respiratory Journal. Menurut dr Erlina, penelitian itu ada benarnya karena secara teori ada banyak sekali kuman di tangan manusia.

Memasukkan jari tangan ke hidung akan menularkan kuman-kuman yang ada di permukaannya, masuk ke saluran napas dan bisa memicu pneumonia. Dampak lain seperti diungkap dr Erlina adalah luka pada lubang hidung, yang juga menjadi pintu masuk terjadinya infeksi.



Pneumonia merupakan penyakit radang pada paru-paru yang membunuh 1,4 juta penduduk dunia tiap tahunnya. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari infeksi virus hingga bakteri. Legenda komik Stan Lee yang menciptakan karakter Spider-Man hingga Hulk juga sempat mengidap pneumonia sebelum meninggal dunia hari ini di usia 95 tahun.



[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
News Feed