Selasa, 13 Nov 2018 17:00 WIB

Perawakan Kurus Seperti Stan Lee, Bisakah Kena Diabetes?

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Perawakan kurus bukan jaminan bebas diabetes (Foto: shutterstock) Perawakan kurus bukan jaminan bebas diabetes (Foto: shutterstock)
Jakarta - Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan. Stan Lee legenda Marvel meninggal dunia di usianya yang ke-95 tahun pada hari Senin (12/11) kemarin waktu setempat. Belum diketahui penyebab pastinya, namun ia disebut sempat mengidap penyakit pneumonia sebelum meninggal.

Stan Lee memiliki perawakan yang begitu kurus, bisakah seseorang dengan perawakan seperti itu terkena penyakit diabetes?

"Bisa iya bisa tidak sih, kalau ada orang yang terkena diabetes sampai umur 95 tahun itu sudah bonus," jawab dokter spesialis penyakit dalam, Prof dr Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FACE saat ditemui di sela-sela acara di Barito, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).



Pada seorang lansia yang mengidap diabetes, target pengobatannya pun pasti berbeda dengan orang pada usia lebih muda. Terlebih lagi pada lansia yang juga mengalami gangguan penyakit lain.

"Jadi begini, memang umur makin tua bisa saja terkena berbagai penyakit, termasuk diabetes. Artinya buat target kita (dokter) itu sudah beda," lanjutnya.

Prof Sidar, panggilan akrabnya, menambahkan pemberian insulin lebih sering digunakan daripada pemberian obat untuk pengobatan diabetes pada lansia.

(up/up)
News Feed